CARA KERJA SISTIM PENDINGIN MESIN

SUMBER :http://solusidalammobil.blogspot.com/2012/05/mengetahui-cara-kerja-sistem-pendingin.html

Kita semua tahu bahwa setiap mesin yang bergerak pasti akan menghasilkan panas. Panas itu berasal dari pembakaran yang ada di blok mesin. Air radiator akan mengalir melalui blok mesin guna menyerap panas mesin. Air radiator yang panas akan didinginkan oleh kondensor radiator yang berada dibelakang kondensor AC. Kondensor radiator akan didinginkan oleh kipas radiator yang menyedot panas keluar. Semua itu dilakuakn oleh alat yang bernama water pump. Water pump berputar seiring dengan putaran mesin. Masalahnya pada saat kendaraan macet putaran mesin agak melambat sehingga sirkulasi air radiator yang mengalir didalam mesin akan terhambat/ berjalan lambat. Oleh sebab itu diperlukan kipas tambahan / ekstra fan guna mendinginkan air radiator. Usahakan ekstra fan berputar bukan berasal dari putaran mesin seperti pada mobil – mobil lama, melainkan berasal dari pasokan listrik yang diatur oleh switch AC.
Sirkulasi air radiator melalui pipa yang berasal dari aluminium. Hal ini bertujuan karena aluminium lebih mudah melepas panas dan termasuk ringan. Didalam water pump terdapat thermostat yang bertujuan untuk membuka/ menutup klep yang menuju ke ruang pendingin. Idealnya pada saat suhu mencapai 80 derajat celcius klep akan tertutup. Pada saat suhu mencapai 84 derajat celcius klep akan terbuka. Oleh sebab itu thermostat sangat penting delam menjaga suhu mesin mobil anda.
Air didalam radiator harus dijaga keutuhannya jangan sampai kurang. Apabila sampai kurang maka indikator yang berada di panel dashbor mobil anda akan berkedip (misalnya pada mobil toyota yaris). Apabila jika anda tetap memaksa mobil berjalan terus maka bagian fail Safe yang berada didalam ECU akan memerintahkan Mesin mati bekerja, itu menunjukan ada yang ketidakberesan dalam  kinerja mesin.
Apabila terjadi demikian, maka anda jangan khawatir. Cukup istirahatkan mesin anda hingga suhu mesin turun. Maka mesin akan mudah distater kembali.     

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s